Advertisement

UMY Dampingi Konsep Sekolah Siaga Bencana

Media Digital
Jum'at, 16 April 2021 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Dampingi Konsep Sekolah Siaga Bencana Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D., dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dengan kegiatan bertema Kesiapsiagaan Sekolah Muhammadiyah dalam Penanggulangan Bencana Alam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Prof. Agus Setyo Muntohar, Ph.D., dosen Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dengan kegiatan bertema Kesiapsiagaan Sekolah Muhammadiyah dalam Penanggulangan Bencana Alam.

Pengabdian kepada masyarakat itu berlangsung di SD Muhammadiyah Argosari, Kapenowonan Sedayu, Kabupaten Bantul, dan diikuti 30 kepala sekolah, guru, serta orang tua murid.

Advertisement

“Tujuan kami adalah sosialisasi dan pendampingan konsep sekolah siaga bencana, “ kata Agus.

Kegiatan diawali dengan survei dan diskusi awal yang dilakukan pada 16 Maret 2021 untuk inventarisasi permasalahan dan kebutuhan sekolah. Selanjutnya pada 30 Maret 2021 dilakukan sosialisasi tentang konsep sekolah siaga  bencana yang disampaikan oleh Prof. Agus Setyo Muntohar (Guru Besar bidang Geoteknik, dan anggota Pusat Studi Gempa Nasional Kementerian Pekerjaan Umum) dan hak-hak konstitusional warga negara dalam kebencanaan oleh Iwan Satriawan, Ph.D. (Dosen Hukum Tatanegara). Kegiatan ini juga melakukan pemetaan terhadap kesiapan SD Muhammadiyah Argosari dalam penanggulangan bencana.

Kepala sekolah dan suru serta orangtua menyambut positif kegiatan ini dan perlu tindaklanjut pada tahun depan untuk penyusunan materi pembelajaran kebencanaan di SD.

“SD Muhammadiyah Argosari telah siap untuk menerapkan standar Sekolah Siaga Bencana dan akan menindaklanjuti dalam proses pembelajaran,” ujar Agus. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement