Advertisement

UMY Ajak Remaja Pahami Kesehatan Reproduksi

Media Digital
Rabu, 14 April 2021 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Ajak Remaja Pahami Kesehatan Reproduksi Tim Pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalankan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, Minggu (11/4). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalankan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul, Minggu (11/4). Dengan Ketua Ema Waliyanti, dosen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, PKM kali ini mengajak remaja untuk memahami kesehatan reproduksi termasuk peran kader posyandu remaja dalam meningkatkan kesehatan reproduksi

“Kegiatan ini tetap menjalankan protokol kesehatan. Pada kegiatan ini diawali dengan pretest terkait pengetahuan, sikap dan perilaku remaja tentang kesehatan reproduksi, selanjutnya dilaksanakan edukasi tentang pentingnya pendidikan sexual pada remaja melalui video dan diskusi,” ungkap Waliyanti.

Advertisement

Dia menjelaskan sesi selanjutnya remaja dibagi menjadi kelompok kecil 5-6 orang untuk kegiatan peer education melalui forum grup discussion yang dipandu oleh para kader remaja. Dalam kegiatan ini membahas topik tentang perilaku sexual beresiko menggunakan media berupa modul. kegiatan diakhiri dengan post tes dan penutup.

Ketua Posyandu Remaja Nahwa Ashihah Pedukuhan Petung dan Posyandu Remaja Abisar Pedukuhan Kalipucang menyambut gembira dengan adanya kegiatan ini, dikarenakan selama pandemi covid 19, kegiatan posyandu remaja tidak terlaksana. Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan skill para kader dan remaja dalam melakukan peer education tentang kesehatan reproduksi untuk mencegah adanya perilaku sexual beresiko pada remaja di wilayahnya.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para remaja dapat meningkatkan pengetahuannya tentang kesehatan reproduksi sehingga dapat menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik. Para kader dapat menjadi role model bagi teman-temannya untuk meningkatkan kesehatan reproduksinya. Bagi orang tua dapat menggunakan media berupa modul panduan pendidikan sexual bagi remaja untuk membekali putra-putrinya dalam menjalankan tugas perkembangannya.” (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Antisipasi Kemarau, Pemkab Sleman Siapkan Pompanisasi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement