Advertisement

PKM UMY Adakan Edukasi Pencegahan CTS & CVS di UNISA

Media Digital
Senin, 12 April 2021 - 22:37 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Adakan Edukasi Pencegahan CTS & CVS di UNISA Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar edukasi pencegahan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dan Computer Vision Syndrome (CVS) di Prodi Keperawatan UNISA Yogyakarta. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar edukasi pencegahan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) dan Computer Vision Syndrome (CVS) di Prodi Keperawatan UNISA Yogyakarta.

Dengan melibatkan 60 mahasiswa keperawatan UNISA, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait masalah-masalah kesehatan yang sering muncul pada pembelajaran daring dan mengajarkan senam mata dan tangan untuk mencegah keluhan computer vision syndrome dan carpal tunnel syndrome.

Advertisement

“Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan selama 1 bulan, terdapat dua kali pertemuan rutin dengan mahasiswa setiap 1 minggu sekali melalui media zoom dan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan melalui whatsapp group. Materi edukasi yang diberikan berupa pengetahuan terkait CVS dan CTS dan pendampingan dalam melakukan senam  pada mata dan pergelangan tangan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara online pada lebih dari 50 mahasiswa yang berpartisipasi aktif dan rutin melakukan tindakan pencegahan CTS, ” ujar Dr Titih Huriah, dosen Magister Keparawatan UMY yang menginisiasi PKM ini

Mahasiswa sangat tertarik dengan kegiatan yang dilakukan karena menurut mereka kegiatan ini sangat sesuai dengan keluhan yang mereka rasakan saat pembelajaran daring selama masa pandemi.

Hasil kegiatan menunjukkan terjadi penurunan keluhan pada mata dan pergelangan tangan akibat pembelajaran daring dan mahasiswa keperawatan UNISA Yogyakarta mampu melakukan senam CVS dan CTS dan mengimplementasikannya untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan computer vision syndrome dan carpal tunnel syndrome. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement