Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Penyakit Tidak Menular

Media Digital
Senin, 12 April 2021 - 22:57 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Penyakit Tidak Menular Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar screening PTM (Penyakit Tidak Menular) secara offline di Puskesmas Piyungan tanggal 10 Februari - 10 Maret 2021 terkait peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader Posbindu pada penyakit tidak menular. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar kegiatan penyuluhan secara zoom meeting (online) pada 28 Februari 2021 dan kegiatan screening PTM (Penyakit Tidak Menular) secara offline di Puskesmas Piyungan tanggal 10 Februari – 10 Maret 2021 terkait peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader Posbindu pada penyakit tidak menular.

Program ini digelar guna meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat sehingga mencegah terjadinya PTM. Kegiatan menggandeng kader kesehatan Posbindu wilayah kerja Puskesmas Piyungan.

Advertisement

Kegiatan screening PTM berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan kadar kolestrol dilakukan oleh mahasiswa kedokteran kelompok 17 selama melakukan kegiatan KKN tematik kedokteran pada tanggal 10 feb -10 maret 2021 yang didampingi oleh petugas medis puskesmas Piyungan. Dilanjutkan kegiatan penyuluhan yang berjudul “Ayo sehat, Cegah PTM dengan Germas” oleh Imaniar Ranti, dosen Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan zoom meeting juga meliputi kuis untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta terhadap materi penyuluhan, dan diskusi tanya jawab.

“Kegiatan penyuluhan dan skrining yang dilaksanakan ini mampu meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mencegah terjadinya PTM, sehingga hal ini sangat membantu program puskesmas untuk meningkatkan ketercapaian program germas (gerakan masyarakat hidup sehat),” ujar Seta Nurhayati Mularum, Kepala Puskesmas Piyungan.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan antusias peserta yang sangat baik. Masyarakat mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada LP3M UMY yang telah memberikan dukungan sehingga bisa terselenggara kegiatan pengabdian masyarakat ini. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Pihak Ryu Joon Yeol dan Han So Hee Akhirnya Mengakui Adanya Hubungan Kasih

Hiburan
| Sabtu, 16 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement