Advertisement

UMY Tingkatkan Pemahaman Penggunaan Obat Secara Tepat

Media Digital
Senin, 12 April 2021 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Pemahaman Penggunaan Obat Secara Tepat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang rasional untuk pengobatan mandiri (swamedikasi). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja,com, BANTUL—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang rasional untuk pengobatan mandiri (swamedikasi). PKM ini bertujuan meningkatkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar,

Kegiatan ini menggandeng BUMDes Kajigelem, Bangunjiwo, dan berlangsung 4 April 2021. Narasumber yang melakukan edukasi dan pelatihan pada kegiatan PKM ini adalah Imaniar Ranti, dosen Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY dan perawat Nur Azizah Indriastuti, Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari peserta maka akan dilakukan pre-tes dan post-tes.

Advertisement

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) yaitu cara pembelajaran yang menuntut para peserta untuk berperan aktif dengan mengamati secara langsung objek yang akan dipelajari,” ujar Imaniar Ranti pembimbing kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk membuka wawasan bagi ibu-ibu sebagai penanggung jawab kesehatan dalam rumah tangga. Harapannya kegiatan ini bisa terlaksana secara terus menerus dengan tema-tema yang lain,” ujar Ketua PKK Desa Kajigelem, Tugiyem. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement