Advertisement

UMY Bantu Budidaya Lele di Bayuran Poncosari Srandakan

Media Digital
Senin, 01 Maret 2021 - 20:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Bantu Budidaya Lele di Bayuran Poncosari Srandakan Lahan lele di Dusun Bayuran Poncosari Srandakan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengusung tema Upaya Memberikan Pendidikan Penerapan Ilmu Teknologi Tepat Guna dengan Pemanfaatan Teknologi Alat Pemberi Pakan pada Budidaya Ikan Lele di Dusun Bayuran Poncosari Srandakan.

KKN di Dusun Bayuran RT.03 Poncosari, Srandakan, Bantul dari 16 Januari-Februari 2021 itu berlangsung di bawah bimbingan Arif Humaini, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Pendidikan Bahasa UMY. KKN melibatkan 19 orang dari kelompok pembudi daya ikan Mino Lestari

Advertisement

“Tujuan kami adalah memberikan wawasan baru bagi peternak lele berupa penggunaan sarana teknologi dalam pemberian pakan kepada kelompok pembudidaya ikan ternak lele dan melengkapi sarana perlengkapan alat pembibitan dan panen,” ujar dia.

Di Dusun Bayuran ini terbentuk kelompok pembudidaya ternak lele yang diberi nama Mino Lestari, kegiatan mereka pun sudah berjalan dengan baik. Adapun program kegiatan ini dimaksudkan ingin menambahkan wawasan bagi kelompok peternak lele yakni dalam hal pemberian pakan, serta melengkapi sarana pembibtan dan alat panen.

Sebagaimana diketahui bahwa ada alat yang sudah dikembangkan dalam pemberian pakan bagi ikan, alat ini memiliki tombol pengatur waktu kapan saja ikan akan diberikan makan, dan bahkan dalam pengembangannya alat ini bisa diatur dengan menggunakan HP android. Namun karena masih terkendala dengan harga dan pembuatan alat tersebut dari pihak produksi, maka di program kegiatan ini masih dalam rangka pengenalan belum bisa sampai pada penerapan pada alat terbaru tersebut. Namun pemberian wawasan bahwa adanya alat teknologi yang bisa digunakan dalam peternakan lele ini dapat memberikan wawasan baru sehingga waktu yang digunakan dalam beternak lele ini bisa lebih efisien dan menghemat waktu para petani, diharapkan ke depannya bisa diterapkan sehingga kelompok pembudidaya ikan Mino Lestari dapat merasakan manfaatnya secara langsung

“Edukasi budidaya lele bisa berhubungan dengan banyak hal yang bisa dilakukan, selain memberikan sarana perlengkapan untuk pembibitan dan alat panen dalam program ini juga diupayakan memberikan pengetahuan dan wawasan baru terkait dalam cara pembudidayaan ikan dengan menggunakan sarana teknologi,” kata Arif. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement