Advertisement

UMY Gelar Lansia Tangguh di Masa Pandemi Covid-19

Media Digital
Senin, 01 Maret 2021 - 07:07 WIB
Budi Cahyana
UMY Gelar Lansia Tangguh di Masa Pandemi Covid-19 Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN/PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Pakuncen, Wirobrajan, Kota Jogja, menggelar seminar dan rangkaian kegiatan bertema Lansia Tangguh di Masa Pandemi Covid/19.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Pakuncen, Wirobrajan, Kota Jogja, menggelar seminar dan rangkaian kegiatan bertema Lansia Tangguh di Masa Pandemi Covid-19.

Seminar digelar pada 6, 12, 13 Februari 2021 dan diikuti kader lansia RW 04 Pakuncen. Seminar dihadiri 15 orang kader dan wakil lansia, kemudian diikuti pelatihan pemeriksaan darah kepada 4 orang kader lansia dan pemberian makanan tambahan kepada 100 lansia.

Advertisement

“Tujuan seminar ini adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku kader lansia dalam pemeriksaan kesehatan lansia dan perawatan kulit sehari-hari, sehingga keluhan gatal atau penyakit lainnya dapat dicegah,” kata Siti Aminah Tri Susila Estri, dosen Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang menjadi dosen pembimbing lapangan KKN.

Menurut dia, lansia di Pakuncen belum pernah menerima penyuluhan atau sosialisasi tentang kesehatan kulit lansia, sementara beberapa lansia mempunyai keluhan gatal di kulit, kader belum mampu melakukan pemeriksaan kadar gula darah yang menjadi salah satu faktor risiko terjadinya keluhan gatal pada lansia.

Itu meletarbelakangi seminar dan diskusi kesehatan kulit lansia dan penyakit kulit yang sering terjadi pada lansia. Materi diberikan oleh Siti Aminah Tri Susila Estri.

KKN UMY juga menyediakan alat kesehatan untuk deteksi penyakit sistemik yang dapat menyebabkan keluhan gatal, yatu alat pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat dan mengadakan pelatihan kader kesehatan untuk pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat, dilanjutkan pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat kepada kader. Pelatihan dilakukan oleh Sherly Usman dan Siti Aminah TSE.

KKN UMY juga memberikan makanan tambahan yang sesuai untuk kesehatan lansia (bubur kacang hijau dan buah) kepada 100 orang. Bubur kacang hijau dimasak oleh kader/masyarakat melalui UMKM Kencana Boga dan Guyub Pakuncen yang ada di RW 04 tersebut.

“Kegiatan pengmas ini dilakukan bersama 8 orang mahasiswa KKN yang berasal dari berbagai Fakultas di UMY,” kata Siti Aminah. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement