KKN IT UMY 088 Bantu Promosikan Kegiatan Pasar Klithikan BUMDes Makarti

Pasar Klithikan di depan Stadion TGP, Seyegan, Sleman. - Istimewa
18 Februari 2021 09:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pasar Klithikan yang merupakan salah satu kegiatan unit usaha perdagangan jasa milik BUMDes Makarti yang bertempat di depan Stadion TGP Seyegan, Seyegan. Ada cerita menarik terkait Pasar Klithikan yang mana dahulu pasar ini menjadi suatu tempat yang menjual berbagai macam aksesoris kendaraan atau barang-barang otomotif yang mengeluarkan bunyian klithik-klithik.

Kegiatan Pasar Klithikan milik BUMDes Makarti ini cukup unik serta beda dari yang lain. Dalam pelaksanaan Pasar Klithikan tersebut diadakan berdasarkan kalender Jawa yaitu tepatnya setiap Pon. Pon jatuh setiap 5 hari sekali, jadi kalender Jawa ini cukup unik yang mana hanya ada 5 hari saja berbeda dengan kalender Masehi yang mempunyai 7 hari.

Dalam kegiatan Pasar Klithikan tersebut para pedagang menawarkan barang-barang bekas maupun baru yaitu kebanyakan barang-barang otomotif, namun dalam Pasar Klithikan tersebut barang-barang bekas yaitu barang otomotif lebih mendominasi dalam kegiatan jual beli yang ada sebab konsepan dari pasar klithikan sendiri ialah menjual barang-barang bekas yang masih layak pakai.

Di masa pandemi seperti ini, kegiatan Pasar Klithikan sangat sepi. Pengunjung Pasar Klithikan ini hanya warga sekitar saja, terlebih adanya Pasar Klithikan ini kurang diketahui oleh kalangan masyarakat dari luar lingkungan Seyegan. Atas dasar tersebut Kelompok 088 KKN IT UMY 2020/2021 dengan dosen pembimbing lapangan Muhammad Fariez Kurniawan yang juga dosen Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY melakukan inisiasi promosi terkait adanya Pasar Klithikan tersebut melalui media sosial dengan bentuk poster yang akan dibagikan ke sosial media yang ada. Upaya ini merupakan salah satu bentuk dukungan KKN 088 UMY terhadap unit usaha tingkat desa dalam hal ini BUMDes Makarti yang ada  di Margoluwih, Seyegan, Sleman agar tetap bisa bertahan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menurut penuturan Tri Suwarno, selaku Pimpinan BUMDes Makarti, bahwa adanya kegiatan promosi ini diharapkan dapat menginformasikan kepada para pengguna media sosial terkait adanya Pasar Klithikan di depan Stadion TGP serta dapat menarik pengunjung untuk datang ke Pasar Klithikan tersebut. Media sosial sudah tidak diragukan lagi dalam berbagai hal, merupakan sarana promosi yang paling efektif. Sehingga pada akhirnya diharapkan akan banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan Pasar Klithikan tersebut dan melakukan kunjungan serta transaksi jual beli. (ADV)