UMY Berikan Pelatihan Deteksi Kanker Alat Reproduksi kepada Guru TK ABA

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan Pelatihan dan Pengkaderan Deteksi Dini Kanker Alat Reproduksi Wanita kepada 20 guru TK ABA Se-Gamping di Ambarketawang, Gamping, Sleman. - Istimewa
01 Januari 2021 19:22 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan Pelatihan dan Pengkaderan Deteksi Dini Kanker Alat Reproduksi Wanita kepada 20 guru TK ABA Se-Gamping di Ambarketawang, Gamping, Sleman.

Ketua Program Pengabdian Yoni Astuti dan Indrayanti yang juga Dosen Kedokteran di FKIK UMY mengatakan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemberdayaan Aisyiyah dalam upaya terlibat pencegahan  kejadian kanker kolorektal di wilayah Gamping Sleman. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi dan kontrak kesepakatan  pelaksanaan kegiatan, pembekalan materi Pengenalan Kanker Kolorektal, pembekalan materi gizi untuk mencegah serangan kanker kolon, praktik pengambilan sampel feses dan latihan menghitung kebutuhan kalori, pelatihan menghitung jumlah asupan kalori dan penerimaan sampel feses, analisis recaal gizi dan screening feses, dan pelatihan menyajikan menu.

“Pemberdayaan Kader Aisyiyah sebagai kelompok komunitas untuk melakukan pencegahan kanker kolorektal merupakan langkah promotif kesehatan yang strategis di tengah masyarakat yang masih sangat kurang paham pencegahan kanker kolorektal,” kata Yoni melalui keterangan tertulis.

Peserta, sangat bersyukur dengan penambahan ketrampilan dan ilmu tentang kanker sehingga dapat melakukan pencegahan untuk kita para perempuan.

“Kegiatan pengabdian pengkaderan dan peningkatan pengetahuan untuk mencegah kanker alat reproduksi wanita pada pengajar TK ABA disambut dengan antusias dan pemicu untuk terbentuknya masyarakat peduli kesehatan alat reproduksi. Kelompok ini merupakan awal untuk kegiatan diskusi dalam bentuk grup WA di kemudian harinya,” ujar dia. (ADV)