Advertisement

UMY Berikan Pelatihan Deteksi Kanker Alat Reproduksi kepada Guru TK ABA

Media Digital
Jum'at, 01 Januari 2021 - 19:22 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UMY Berikan Pelatihan Deteksi Kanker Alat Reproduksi kepada Guru TK ABA Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan Pelatihan dan Pengkaderan Deteksi Dini Kanker Alat Reproduksi Wanita kepada 20 guru TK ABA Se-Gamping di Ambarketawang, Gamping, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan Pelatihan dan Pengkaderan Deteksi Dini Kanker Alat Reproduksi Wanita kepada 20 guru TK ABA Se-Gamping di Ambarketawang, Gamping, Sleman.

Ketua Program Pengabdian Yoni Astuti dan Indrayanti yang juga Dosen Kedokteran di FKIK UMY mengatakan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemberdayaan Aisyiyah dalam upaya terlibat pencegahan  kejadian kanker kolorektal di wilayah Gamping Sleman. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi dan kontrak kesepakatan  pelaksanaan kegiatan, pembekalan materi Pengenalan Kanker Kolorektal, pembekalan materi gizi untuk mencegah serangan kanker kolon, praktik pengambilan sampel feses dan latihan menghitung kebutuhan kalori, pelatihan menghitung jumlah asupan kalori dan penerimaan sampel feses, analisis recaal gizi dan screening feses, dan pelatihan menyajikan menu.

Advertisement

“Pemberdayaan Kader Aisyiyah sebagai kelompok komunitas untuk melakukan pencegahan kanker kolorektal merupakan langkah promotif kesehatan yang strategis di tengah masyarakat yang masih sangat kurang paham pencegahan kanker kolorektal,” kata Yoni melalui keterangan tertulis.

Peserta, sangat bersyukur dengan penambahan ketrampilan dan ilmu tentang kanker sehingga dapat melakukan pencegahan untuk kita para perempuan.

“Kegiatan pengabdian pengkaderan dan peningkatan pengetahuan untuk mencegah kanker alat reproduksi wanita pada pengajar TK ABA disambut dengan antusias dan pemicu untuk terbentuknya masyarakat peduli kesehatan alat reproduksi. Kelompok ini merupakan awal untuk kegiatan diskusi dalam bentuk grup WA di kemudian harinya,” ujar dia. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement