Advertisement

Dapat Bibit Tanaman, Warga Gunungkidul Belajar Budi Daya Durian & Alpukat

Media Digital
Selasa, 29 Desember 2020 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Dapat Bibit Tanaman, Warga Gunungkidul Belajar Budi Daya Durian & Alpukat Warga Dusun Kedungpoh Kidul Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul mengambil bibit tanaman durian/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Demi mendorong pemberdayaan perempuan tani di Gunungkidul, dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Dr. Ir. Sriyadi, MP melakukan kegiatan pengabdian masyarakat lewat budi daya tanaman durian serta alpukat.

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) digelar Februari lalu.

Advertisement

Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY itu menyatakan kegiatan yang ia laksanakan bertema "Kelembagaan Kelompok Wanita Tani di Dusun Kedungpoh Kidul Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta"

Menyasar masyarakat di Dusun Kedungpoh Kidul Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul, kegiatan yang melibatkan hingga 100 orang ini bertujuan memberikan penyuluhan dan pembagian bibit durian dan alpukat serta memberikan pengetahuan ataupun bekal bagi masyarakat dalam membudidayakan durian dan alpukat.

"Penyuluhan dan pembagian bibit tanaman durian dan aplokat dilakukan oleh peneliti dan tim Kelompok KKN 078 UMY," kata Sriyadi.

Sebagai penyuluh dalam Penyuluhan tentang tata cara menanam durian dan alpukat, Sriyadi dibantu oleh tim Kelompok KKN 078 UMY. Pada kesempatan ini juga dibagikan bibit pohon durian dan pohon alpukat.

Penyuluhan dan pembagian bibit tanaman durian dan alpukat bertujuan agar masyarakat dapat mendapatkan hasil dari tanaman yang mereka tanam.

"Penyuluhan dan pembagian bibit tanaman durian dan alpukat dihadiri oleh Lurah Desa Kedungpoh, Kadus Dusun Kedungpoh Kidul dan juga pengurus dan anggota kelompok wanita tani yang ada di Pedukuhan Kedungpoh Kidul sebanyak 100 orang," kata dia.

Pada kesempatan ini dibagikan kepada masyarakat berupa bibit tanaman durian dan bibit tanaman alpukat sebanyak 100 bibit tanaman durian dan bibit aplokat.

Menurutnya, kegiatan ini disambut antusias oleh ibu-ibu serta anak remaja yang ada di Dusun Kedungpoh Kidul Desa Kedungpoh Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Kepala Dusun Kedungpoh Kidul, Sutejo, menyambut baik kegiatan penyuluhan dan pembagian bibit durian dan alpukat tersebut. "Semoga bisa memotivasi dan menyemangati masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan, semoga dapat meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat Kedungpoh Kidul, dan berharap masih dilakukan lagi pengabdian dibidang lain," kata Sutejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement