Advertisement

KKN PPM UMY Ajak Warga Rejosari Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Lele Terpal

Media Digital
Selasa, 29 Desember 2020 - 21:57 WIB
Nina Atmasari
KKN PPM UMY Ajak Warga Rejosari Manfaatkan Lahan untuk Budidaya Lele Terpal Dosen Fakultas Hukum UMY Yordan Gunawan melaksanakan Program KKN Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Dusun Rejosari, Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. - Ist/Dok UMY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Yordan Gunawan membimbing Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Dusun Rejosari, Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Program yang bertajuk Budidaya Ternak Lele Terpal ini dilaksanakan pada 1 Januari - 2 Februari, 2020.

Kegiatan tersebut digelar dua kali yaitu pada tanggal 14 Januari 2020 dan 26 Januari 2020 dengan sasaran kegiatan mereka mencapai 41 dan 36 orang. Peserta merupakan PKK, bapak-bapak dan Karang Taruna di Dusun Rejosari. Mereka diajak memanfaatkan potensi lahan pekarangan masyarakat agar memiliki nilai guna dan nilai tambah.

Advertisement

Rangkaian acara dalam pelaksanaan program budidaya ternak lele terpal terdiri dari sosialisasi berupa penjelasan materi terkait konsumsi ikan untuk kesehatan yang disampaikan oleh Yordan Gunawan, serta mekanisme budidaya ternak lele terpal oleh narasumber lainnya, yaitu Sugiyatno. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek (demonstrasi) pelaksanaan budidaya ternak lele terpal.

Program tersebut dilaksanakan di dua lokasi, yaitu lokasi pertama bertempat di rumah P Margono selaku Kepala Dusun Rejosari dan lokasi kedua bertempat di rumah Jalil selaku Ketua RT 01 Dusun Rejosari. Sasaran program pokok adalah PKK, bapak-bapak, masyarakat umum dan karang taruna dusun Rejosari.

Beberapa faktor pendukung pelaksanaan program pokok ini di antaranya yaitu potensi alam yang tersedia untuk dimanfaatkan. "Tingkat antusias warga cukup tinggi serta kebutuhan akan penghasilan tambahan/pemasukan kas," jelas Yordan, dalam rilisnya, Selasa (29/12/2020).

Rencana tindak lanjut dari pelaksanaan program pokok Budidaya Ternak Lele Terpal ini adalah adanya pendampingan dan evaluasi kepada warga terkait pengelolaan budidaya ternak lele terpal serta dengan melakukan pembagian kelompok-kelompok pengelolah serta penanggungjawab atas pengelolaan kolam lele, yang dipimpin langsung oleh Yordan Gunawan.

"Alhamdulillah, Kepala Dusun, Pak Margono menyatakan sangat mendukung sekali aktivitas ini, karena memang selama ini, penduduk banyak yang sudah berusaha beternak lele, namun selalu gagal, karena tingkat keasaman tanah sekitar desa yang sangat tinggi," tambahnya.

Adapun faktor penghambat pelaksanaan program pokok ini terkait dengan masalah pengairan dan proses pembuatan kolam yang terbilang cukup rumit. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement