Advertisement

Ibu-Ibu di Tamantirto Diajak Peduli Cegah dan Deteksi Dini Kanker Payudara

Media Digital
Selasa, 29 Desember 2020 - 20:57 WIB
Nina Atmasari
Ibu-Ibu di Tamantirto Diajak Peduli Cegah dan Deteksi Dini Kanker Payudara Dosen Prodi Kedokteran FKIK UMY, dr. Anggita Putri Kantilaras melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk Peduli Pencegahan dan Deteksi Dini Payudara di Tamantirto Kasihan Bantul. - Ist/dok UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Dosen Prodi Kedokteran FKIK UMY, dr. Anggita Putri Kantilaras melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk Peduli Pencegahan dan Deteksi Dini Payudara di Tamantirto Kasihan Bantul.

Kegiatan yang digelar pada 29 Juli 2020 itu bertujuan memperbaiki tingkat kesadaran (awareness) ibu-ibu warga setempat dengan adanya benjolan. Sebanyak 40 orang menjadi sasaran kegiatan ini.

Advertisement

Pada pertemuan pertama, diadakan penyuluhan dengan peserta ibu-ibu warga setempat tentang sebab, tanda dan gejala kanker payudara. Penyuluhan dimulai dengan menjelaskan tentang arti istilah tumor, tumor jinak dan tumor ganas.

"Selanjutnya diadakan pemeragaan pemeriksaan SADARI, peserta diberikan kesempatan untuk meraba dan mengenali suatu benjolan yang ada di manekin payudara," jelas dr. Anggita dalam rilisnya, Rabu (23/12/2020).

Penyampaian materi disampaikan melalui video tentang pentingnya pemeriksaan USG payudara. Dalam video tersebut disampaikan macam pemeriksaan untuk mendeteksi ada tidaknya benjolan di payudara yang meliputi Sadari, USG payudara dan mammografi.

Narasumber juga menjelaskan tentang kelemahan pemeriksaan Sadari, sehingga menekankan pentingnya pemeriksaan USG payudara. Narasumber mempraktekkan teknis pemeriksaan payudara beserta persiapan yang perlu dilakukan sebelum USG. USG payudara dilakukan dengan menggunakan manekin payudara yang dipinjam dari Skill Lab FKIK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Setelah video tersebut dibagikan di Whatsapp group, dibuka sesi tanya jawab selama 2 minggu sejak 29 Juli 2020. Pada hari pertama setelah video dibagikan, 20 kader menanyakan tentang kanker payudara.

Pertanyaan yang diberikan sangat beragam, mulai dari macam-macam pemeriksaan untuk deteksi kanker payudara, makanan yang harus dihindari, bagaimana agar terhindar dari kanker, dan lain-lain.

Narasumber yakni dr. Anggita, dr. Ika dan dr. Ranti menjawab pertanyaan tersebut melalui chat di Whatsapp group. "Beberapa kader menanyakan secara pribadi melalui WA untuk menjaga privasi masing-masing kader," tambahnya.

Setelah 2 minggu sejak materi video dibagikan, dibagikan kuesioner ke kader-kader tersebut yang berisikan tentang pengetahuan umum tentang kanker payudara. Nilai rata-rata dari 25 kader Aisyiyah Tamantirto Utara yang mengisi kuesioner ialah 79,98. Usia peserta bervariasi dari 31 tahun hingga 62 tahun. Kebanyakan kader berusia 51-60 tahun. 6 dari 25 kader bahkan memiliki nilai 93,3.

Setelah diberikan pengetahuan, maka terdapat peningkatan tingkat pengetahuan kader Aisyiyah. Untuk membekali dan memudahkan kader dalam mengingat akan deteksi dini kanker payudara, maka pada hibah pengabdian ini diberikan buku saku tentang Teknik pemeriksaan Sadari dan pentingnya USG payudara dalam deteksi dini kanker payudara.

"Dalam buku tersebut dijelaskan tentang Teknik Sadari, persiapan USG payudara dan alur pemeriksaan apabila terdapat keluhan atau ditemukan benjolan payudara," katanya.

Hasil kegiatan ini, menurutnya tokoh masyarakat menyambut baik dengan adanya penyuluhan kesehatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,

Dengan pemberian penyuluhan tentang deteksi dini kanker payudara, maka terdapat peningkatan tingkat pengetahuan Kader Aisyiyah Tamantirto Utara mengenai kanker payudara. Dengan adanya hibah buku mengenai Teknik Sadari dan pentingnya USG payudara, maka diharapkan akan meningkatkan kewaspadaan kader Aisyiyah Tamantirto Utara.

"Semakin dini deteksi kanker payudara, maka akan mendapat penanganan lebih baik, sehingga angka kematian akibat kanker payudara menurun," kata dr. Anggita. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement