Advertisement

Kekeringan di Kedungpoh Teratasi dengan Sistem Penyediaan Air Bersih

Media Digital
Selasa, 29 Desember 2020 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
Kekeringan di Kedungpoh Teratasi dengan Sistem Penyediaan Air Bersih Pelaksanaan pengabdian masyakarat Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Kedungopoh, Kecamatan Nglipar Gunungkidul. - Ist/dok UMY

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Sejak awal 2020 dosen Fakultas Teknik UMY, Nursetiawan yang berkolaborasi dengan mahasiswa melaksanakan pengabdian masyakarat Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar Gunungkidul DIY dalam program mengatasi kekeringan di desa tersebut.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat in juga melibatkan mitra kerjasama sebagai calon pengguna hasil yang diwakilkan oleh kepala dusun Sinom, Suparman.

Advertisement

Nursetiawan mengatakan Desa Kedungopoh mengalami permasalahan kurangnya ketersediaan air bersih secara kontinyu untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sehingga masyarakat harus mendapatkan bantuan air bersih dari tangka-tangki yang dikirim ke desa.

Kegiatan pengabdian ini memberikan program dengan tema penyediaan air bersih di Dusun Sinom dan Dusun Kedungpoh tengah, Gunungkidul.
"Permasalahan kekurangan air bersih ini di atasi dengan cara penyediaan air bersih melalui sebuah sistem jaringan dari sumber menuju tampungan dan selanjutnya di distribusikan ke masyarakat," katanya, dalam rilis, Selasa (22/12/2020).

Meskipun masih dalam situasi pandemi, namun kegiatan pengabdian ini dapat berjalan dengan lanca, dimana sejak April 2020 hingga saat ini. Sistem penyediaan air telah dapat beroperasi sejak musim kemarau tahun ini, masyarakat sudah mampu mandiri dan tidak lagi mendapatkan bantuan pengiriman air dari pemda. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement