Advertisement

Dua Dosen UMY Beri Edukasi Kesiapsiagaan Bencana di SD Muh Klaten Utara

Media Digital
Selasa, 29 Desember 2020 - 16:39 WIB
Nina Atmasari
Dua Dosen UMY Beri Edukasi Kesiapsiagaan Bencana di SD Muh Klaten Utara Pengabdian di lakukan di SD Muhammadiyah Klaten Utara. - Ist/dok UMY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Membangun kesadaran akan kesiapsiagaan oleh seluruh komponen masyarakat dalam kaitanya dengan penanggulangan bencana alam di Indonesia merupakan hal penting yang harus dilakukan.

Dua dosen di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Nur Setiawan dan Rama Okta Wiyagi selaku berkolaborasi dengan mahasiswa melaksanakan program pengabdian masyarakat berbasis perserikatan Muhammadiyah pada periode Februari 2020 hingga Agustus 2020.

Advertisement

Pengabdian di lakukan di SD Muhammadiyah Klaten Utara yang bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Klaten dengan tema program sekolah siaga bencana. Hal yang dilakukan adalah mengedukasi warga sekolah terkait dengan kesiapsiagaan menghadapi bencana, seperti pemilihan titik kumpul, rute dan pemasangan jalur evakuasi, pemasangan alat pendeteksi getaran gempa, dan juga melaksanakan simulasi bencana.

"Walaupun di tengah-tengah pandemic covid-19, program pengabdian ini tetap berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan," jelas Nur Setiawan.

Pihak sekolah sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan untuk meningkatkan kesadaran pihak sekolah dalam menghadapi bencana. Setelah kegiatan ini selesai, pihak sekolah dapat melakukan kegiatan berkelanjutan dalam kegiatan belajar mengajar. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement