Advertisement

KKN UMY Hidupkan Kembali TPA di Kukap Poncosari

Media Digital
Sabtu, 05 Desember 2020 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Hidupkan Kembali TPA di Kukap Poncosari KKN UMY menghidupkan kembali TPA Kukap, Poncosari, Srandakan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) mendampingi takmir masjid dalam mereaktivasiTaman Pendidikan Al-Quran (TPA) di Dusun Kukap, Poncosari, Srandakan, Bantul.

KKN yang dibimbing Cahyo Setiadi Ramadhan, dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), itu melibatkan berbagai lapisan masyarakat Dusun Kukap, Poncosari, Srandakan, Bantul yaitu remaja sebagai penggerak TPA, masyarakat dewasa sebagai wali santri, dan anak-anak sebagai santri.

Advertisement

“Kegiatan dimulai pada Januari dengan koordinasi, kemudian pada 20 Januari 2020 pengajian peresmian, Februari pelatihan ustaz, sementara Maret-April dan terputus karena pandemi,” ujar Cahyo.

Kegiatan ini melibatkan 100 peserta pengajian peresmian, 14 pengurus TPA yang juga mengikuti pelatihan-pelatihan ustaz, 40-an orang santri dan orang tua atau wali yang mengikuti kegiatan koordinasi awal kemudian ikut dalam kegiatan TPA.

“Tujuan kami adalah menghidupkan kembali TPA di Pedukuhan Kukap, Poncosari, Bantul,”  ujar dia.

Kegiatan dimulai dari koordinasi dengan tokoh masyarakat khususnya pemuda untuk merumuskan kegiatan yang perlu dilakukan untuk menghidupkan kembali Taman Pendidikan Al-Quran. Berdasarkan diskusi tersebut disepakati bahwa remaja akan menjadi pengelola TPA dengan bimbingan dari Ustadz TPA dahulu yaitu Bapak Robbani. Terbentuk pula kepengurusan TPA yang baru dikomandoi oleh Saudara Nazmi. Setelah terbentuk kepengurusan maka dilakukan silaturrahmi kepada para calon wali santri agar putera puteri mereka dapat dididik di TPA yang baru. Semua calon wali santri yang juga masyarakat Kukap senang dan menyetujui putera atau puterinya untuk belajar al-Quran di TPA.

Pada 20 Januari 2020 dilakukan pengajian bersama Ustaz Hidayaturrahma. sekaligus peresmian TPA. Kegiatan TPA akan menggunakan nama dari TPA terdahulu yaitu An-Nabila. Kegiatan TPA dibina oleh Takmir dan pengurus Takmir berkomitmen untuk mendukung kegiatan TPA. Dalam pengajian tersebut, Ustaz Hidayaturrahman juga  memotivasi masyarakat untuk mendukung TPA dengan menitipkan anak-anaknya untuk dididik di TPA An-Nabila.

Setelah peresmian, kegiatan TPA berjalan sepekan tiga kali. Ustaz dan ustazah TPA juga mengikuti kegiatan pelatihan yang dilakukan di Lembaga AMM Kotagede. Kegiatan pelatihan dilakukan dua kali pada Bulan Januari 2020.  Dari pelatihan di AMM Kotagede, para ustadz dan ustadzah muda mendapatkan enam modul kecil mengenai pengelolaan TPA, kurikulum TPA, pengelolaan kelas, tajwid, tartil, dan teknik bercerita. Semua materi tersebut dipandang perlu bagi para ustaz dan ustazah sebagai bekal untuk mengurus TPA dan menjalan peran sebagai Ustadz.

Setelah kegiatan tersebut, antara tim pengabdian dan koordinator kegiatan masih berkonsultasi. Konsultasi dilakukan untuk masalah-masalah yang dihadapi. Pandemi Covid-19 yang mulai merebak pada akhir April 2020 memunculkan kemandegan dalam TPA. Hal ini dikarenakan orang tua khawatir apabila anak-anak mereka keluar rumah dan berkegiatan TPA.

Kepala Dusun Kukap, Ali Rubiyanto, menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh tim dari UMY. Dua merasa TPA tersebut bermanfaat bagi masyarakat khususnya generasi muda di lingkungannya. Pengelola TPA, Nazmi menyambut baik dan berterima kasih atas berbagai pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdi dan menyayangkan kondisi pandemi yang tidak mendukung kegiatan TPA untuk berlangsung. Namun, Nazmi bertekad untuk terus menghidupkan TPA terutama ketika pandemi berakhir nantinya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Rabu 24 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement