Advertisement

Limbah Jelantah di Sorowajan Diubah Jadi Lilin Aromaterapi

Media Digital
Sabtu, 24 Oktober 2020 - 11:37 WIB
Budi Cahyana
Limbah Jelantah di Sorowajan Diubah Jadi Lilin Aromaterapi Monitoring hasil pembuatan lilin aromaterapi oleh ibu-ibu Dasawisma Lili bersama instruktur Esty Setyaningrum. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Limbah jelantah di Dusun Sorowajan, Glugo, Desa Panggungharjo, Kabupaten Bantul, dimanfaatkan menjadi lilin aromaterapi sehingga perekonomian masyarakat meningkat.

Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Dyah Titis Kusuma Wardani, dosen Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY membuat pelatihan ekonomi kreatif pembuatan lilin aromaterapi dan pemasaran online dengan sasaran ibu-ibu Dasawisma Lili Dusun Sorowajan.

Advertisement

Program Kemitraan Masyarakat ini digelar di Dusun Sorowajan, pada 26 Juli 2020. Pelatihan berlangsung pukul 08.00-12.00 WIB. 

“Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Dyah melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Program Kemitraan Masyarakat yang beranggotakan Endah Saptutyningsih dan mahasiswa Suci Alpika Fitri ini diawali dengan kunjungan ke mitra untuk inisiasi kerja sama dan dilanjutkan dengan mengadakan pelatihan online pembuatan lilin aromaterapi dengan memanfaatkan minyak jelantah yang ada di lingkungan Dusun Sorowajan. Minyak jelantah ditambah bahan alami sereh dan daun jeruk nipis serta aroma terapi.

Selain pelatihan online, terdapat juga kegiatan sesi foto produk sebagai bahan untuk pemasaran online melalui media sosial (Instagram). Program pengabdian ini diakhiri dengan serah terima barang modal berupa dua unit kompor gas lengkap dengan dua tabung gas dan regulator sebagai modal usaha Dasawisma Lili, sehingga dapat melakukan produksi lilin aromaterapi secara berkelanjutan.

“Menurut mitra, kegiatan pengabdian berupa pelatihan ekonomi kreatif ini sangat bagus, diharapkan ada pelatihan lanjutan dengan tema yang berbeda, yakni produk kerajinan,” ujar Dyah.

Pelatihan lilin aromaterapi ini juga didukung dengan pembuatan video pembuatan lilin aromaterapi. Hasil dari pembuatan video tersebut adalah terwujudnya pembelajaran online tentang pembuatan lilin aromaterapi.

“Dengan video ini, masyarakat dapat membuat produk lilin Aromaterapi sendiri dengan mudah dengan bahan sederhana, sehingga mereka dapat memproduksi sendiri setelah menyaksikan video dan mempraktikkannya di rumah masing-masing atau bersama kelompoknya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Ribuan Calon Jemaah Haji Sleman Mulai Ikut Manasik

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Film Dua Hati Biru Ajarkan Para Aktor Belajar Mengelola Rumah Tangga

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement