Anggota ‘Aisyiyah Cabang Kasihan Dilatih Mengolah Bahan Pangan Lokal

Pemberdayaan anggota 'Aisyiyah Cabang Kasihan untuk mengolah bahan pangan lokal. - Istimewa
29 Agustus 2020 18:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Eni Istiyanti, dosen Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan Pemberdayaan Anggota ‘Aisyiyah Cabang Kasihan Berbasis Olahan Bahan Pangan Lokal.

Pemberdayaan ini diikuti 12 anggota ‘Aisyiyah Tamantirto Utara  pada 15 Maret dan 25 Juli 2020 serta 15 anggota ‘Aisyiyah Ngestiharjo pada 26 Juli 2020.

“Tujuah program ini adalah memberdayakan anggota ‘Aisyiyah melalui peningkatkan keterampilan dalam mengolah  bahan pangan lokal (ubi jalar dan tepung mocaf) menjadi makanan yang disukai konsumen kekinian serta memberi bantuan peralatan untuk membuat kue,” kata Eni melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Pada 15 Maret diadakan pelatihan membuat kue dengan bahan baku tepung mocaf (tepung dari ubi kayu) menjadi brownies, risoles mayones, dan cokelat kacang diikuti untuk anggota ‘Aisyiyah Ranting Tamantirto Utara

Pada 25 Juli 2020 diadakan pelatihan membuat kue dengan bahan baku ubi jalar menjadi brownies dan pizza  diikuti oleh 15 anggota ‘Aisyiyah Ranting Tamantirto Utara, dan pada waktu yang bersamaan Tim Pengabdian UMY juga memberikan bantuan peralatan berupa oven, panci kukus 3 set, wajan dan serok 2 set.

Sementara, pada  26 Juli 2020 diadakan pelatihan membuat kue dari ubi jalar menjadi brownies, pizza dan donat diikuti oleh 15 anggota ‘Aisyiyah Ranting Ngestiharjo dan pada waktu yang sama  Tim Pengabdian UMY memberikan bantuan peralatan untuk membuat kue berupa oven, mixer, panci kukus, timbangan, wajan, serok dan loyang cetakan kue

“Ibu-ibu anggota ‘Aisyiyah Ranting Tamantirto Utara dan Ngestiharjo antusias mengikuti pelatihan membuat kue dari tepung mocaf dan ubi jalar. Mereka mendukung kegiatan pengabdian masyarakat ini dan berharap pada waktu yang akan datang diadakan kegiatan yang serupa,” kata Eni.