Advertisement

Belajar Bahasa Inggris Sekaligus Menjaga Amanah Melalui Buku Dwibahasa

Media Digital
Senin, 17 Agustus 2020 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Belajar Bahasa Inggris Sekaligus Menjaga Amanah Melalui Buku Dwibahasa Penyerahan hibah berupa kamus dan buku cerita anak dwibahasa dari tim dosen UMY kepada SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 pada Jumat, 14 Agustus 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memperkenalkan penggunaan buku cerita anak dwibahasa seri kedua sebagai sarana pengajaran bahasa Inggris dan pembangunan karakter di SD Muhammadiyah Ambarketawang 1, Gamping, Sleman. Program Kemitraan Masyarakat (PKM) itu dilaksanakan oleh Tim Pengabdian UMY yang diketuai dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa UMY, Ika Wahyuni Lestari. Pelatihan digelar secara daring pada 16-22 Juli 2020 dan diikuti 50 siswa kelas V SD Muhammadiyah Ambarketawang 1.

“Tujuan dari program ini adalah memberi pendampingan kepada siswa dalam peningkatan kemampuan bahasa Inggris serta pembentukan karakter amanah melalui buku cerita anak dwibahasa,” ujar Ika melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Advertisement

Bentuk PKM ini adalah pelatihan Bahasa Inggris sebanyak tiga kali pertemuan yang dilakukan oleh dua dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY yaitu Ika Wahyuni Lestari dan Puput Arfiandhani.

Sebelum program dimulai, siswa diberi pretest untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mereka. Dalam pelatihan ini, siswa diajak mengenal bahasa Inggris dasar melalui buku-buku cerita anak dwibahasa (bilingual book) yang dikembangkan oleh kedua dosen tersebut dengan judul Aisyah & Ahmad: Being Trustworthy.

“Karena adanya sistem belajar dari rumah, pelatihan bahasa Inggris ini dilakukan secara daring dengan video yang dibuat oleh dosen dan dibagikan ke siswa melalui grup Whatsapp kelas dan YouTube,” ujar Ika.

Pelatihan diakhiri dengan pretest untuk mengukur pencapaian siswa dan pembuatan video untuk masing-masing siswa. Melalui video tersebut mereka diminta mempraktikkan bahasa Inggris dan menjelaskan nilai moral yang mereka pelajari dari buku cerita anak dwibahasa tersebut.

"Yang bisa kami  pelajari dari cerita Aisyah & Ahmad: Being Trustworthy adalah kalau kita diberi amanah, kita harus menjalankan amanahnya. Kita tidak boleh mengingkari atau mengecewakan orang yang memberi amanah kepada kita," kata salah satu peserta, Intan Nelly Nuranisa Fillaq

PKM ini secara resmi ditutup dengan penyerahan hibah berupa kamus dan buku cerita anak dwibahasa dari tim dosen UMY kepada sekolah mitra pada Jumat, 14 Agustus 2020. Buku dan kamus secara simbolik diterima oleh Kepala SD Muhammadiyah Ambarketawang 1, Rusmiyati.

"Alhamdulillah, program ini berjalan lancar dan baik. Anak-anak senang serta antusias menjalani rangkaian program. Harapan kami, ke depan, program peningkatan bahasa Inggris seperti ini dapat dilangsungkan kembali di sekolah kami," ujar Rusmiyati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement